Langkah Proaktif dan Progresif JIP dalam Menata Kabel Utilitas Pada SJUT di Wilayah Jakarta Selatan

 Langkah Proaktif dan Progresif JIP dalam
Menata Kabel Utilitas Pada SJUT di Wilayah Jakarta Selatan

PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP) kembali mendampingi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk berkolaborasi bersama Dinas Bina Marga melakukan penurunan kabel udara yang kali ini menyasar sepanjang jalur Senopati, Jakarta Selatan, sebagai upaya proaktif dan progresif  berkelanjutan guna  meningkatkan infrastruktur teknologi komunikasi, sekaligus menciptakan lingkungan Ibu kota yang tertata, aman dan nyaman.

Jakarta, 23 November 2023. PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP) selaku anak usaha BUMD Jakpro yang bergerak di bidang teknologi informasi, komunikasi (TIK) dan telekomunikasi serta bisnis digital, kembali mendampingi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Bina Marga, melakukan penurunan total pada kabel udara di sepanjang jalur Senopati sisi selatan dan sisi utara untuk dapat segera masuk ke dalam Sarana Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT) yang diselenggarakan oleh JIP. Langkah penurunan kabel udara merupakan salah satu proses vital yang sangat penting, tidak hanya untuk meningkatkan infrastruktur teknologi komunikasi, namun juga untuk membenahi penataan tata ruang kota, maupun estetika, keamanan dan kenyamanan pengguna jalan di Jakarta.

Selain  perwakilan  dari  jajaran  manajemen  JIP  dan  Dinas  Bina  Marga  proses penurunan kabel udara yang dilakukan pada tanggal 23 November 2023 ini juga dihadiri oleh Walikota Jakarta Selatan, didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Selatan, para pejabat terkait lainnya, serta perwakilan operator pemilik jaringan telekomunikasi. Pada kesempatan ini kabel utilitas yang diturunkan dari sisi Selatan dan sisi Utara Ruas Jalan Senopati terdiri dari  total 45 kabel fiber optik.

Keterangan foto: Seremonial Pemotongan kabel udara di ruas Jalan Senopati Jakarta Selatan oleh Walikota Jakarta Selatan Munjirin, S.Sos, M.Si, bersama Plt Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta Bapak Heru Suwondo, dan Petugas Dinas Bina Marga. source: metronews.com

“Penurunan kabel utilitas serentak ini adalah bagian dari program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai upaya proaktif dan progresif   bersama yang secara berkelanjutan dilakukan guna menciptakan lingkungan Ibu kota yang lebih tertata dan estetis. Kegiatan ini bertujuan agar kabel-kabel semrawut dapat segera masuk ke dalam (SJUT). Tentunya penyelenggaraan  ini melibatkan dukungan  dan  kerja sama dari berbagai pihak, terutama operator pemilik jaringan utilitas/kabel fiber optik,” ungkap Plt Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo.

Walikota Jakarta Selatan Munjirin mengungkapkan, “Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan akan terus mendukung kegiatan penataan kabel utilitas ini di setiap ruas jalan agar dapat meningkatkan capaian kabel tertata. Penataan kabel ini bersifat lintas sektor, tujuannya agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dan pengguna jalan yang melintas. Saya menyampaikan apresiasi kepada Dinas Bina Marga, PT. Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP), Para Pemilik Kabel Utilitas dan kepada seluruh stakeholder terlibat yang telah bahu-membahu, bekerja keras dalam mewujudkan tercapainya relokasi kabel udara di Jl. Senopati ini”.

Dalam kesempatan yang Sama Plt. Direktur Utama JIP Ivan C Permana menyampaikan, “JIP berkomitmen untuk mendukung inisiatif Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam meningkatkan kualitas infrastruktur telekomunikasi. Proses penyelenggaraan SJUT memang memerlukan waktu dan proses yang kompleks, dengan melibatkan operator yang terus berprogress untuk masuk ke dalam sistem”.

“Kami telah mengambil langkah-langkah proaktif untuk memastikan percepatan progress proyek. Kami terus berkoordinasi dengan operator terkait untuk memfasilitasi masuknya kabel utilitas ke dalam SJUT. Sebagai tindak lanjut, kami juga fokus pada pembangunan jalur SJUT di Jakarta Selatan sepanjang 54 km dan Jakarta Timur sepanjang 30 km. Selain itu, kami juga secara intensif melakukan relokasi kabel udara milik operator ke dalam sistem SJUT sebagai bagian dari komitmen kami untuk menghilangkan kabel udara di seluruh ruas jalan SJUT yang di kelola oleh JIP,” ujar Ivan.

PT Modular Inti Konstrindo (MIKO) selaku mitra strategis PT Jakarta Infrastruktur Propertindo turut berperan aktif untuk mendukung Jakarta sebagai Smart City dengan turut serta secara langsung dalam membangun dan mengelola SJUT. Direktur MIKO, Umar Nurul Anwar menegaskan bahwa peran aktif pihak swasta murni akan mendorong   pengelolaan SJUT agar lebih baik dan tetap berjalan dalam koridor profesionalisme yang memberikan efek  positif  bagi  DKI Jakarta.  Keberadaan  Mitra  menjadi  penting  bagi  pemerintah  DKI Jakarta sebagai percontohan bagi public private partnership (kemitraan pemerintah dan swasta) dalam pembangunan dan pengelolaan SJUT.

Sejauh ini jumlah operator yang sudah masuk ke dalam SJUT fase I yang dikelola oleh JIP secara keseluruhan sudah mencakup sepanjang 25 km, pada 10 ruas jalan di wilayah Jakarta Selatan  terdiri  dari:  ruas  Jl.  Mampang  Prapatan, Jl.  Kapten  Tendean,  Jl.  Wolter Monginsidi,  Jl.  Senopati,  Jl.  Suryo,  Jl.  Cikajang,  Jl.  Gunawarman,  Jl.  Pattimura,  Jl. Trunojoyo, dan Jl. Sultan Hasanuddin sudah mencapai 67%.

Sarana Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT) sendiri adalah sarana untuk penempatan Jaringan Utilitas secara terpadu yang terletak di bawah permukaan tanah, sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 69 Tahun 2020. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang  telah  memberikan  amanat  pengerjaan  SJUT  kepada  Badan  Usaha  Milik  Daerah (BUMD) yaitu PT Jakpro melalui anak usahanya PT Jakarta Infrasruktur Propertindo (JIP).

Tentang PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP)

PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP) adalah penyedia infrastruktur dan layanan teknologi Informasi komunikasi unggulan di Jakarta & Indonesia yang didirikan di Jakarta pada tanggal 2 Oktober 2006. JIP merupakan perusahaan sub holding bidang infrastruktur dari Badan Usaha Milik Daerah, PT Jakarta Propertindo Perseroda (JAKPRO) yang meliputi bidang usaha pembangunan, bidang usaha jasa telekomunikasi dan perdagangan peralatan tranmisi telekomunikasi.

PT JIP sebagai penyedia solusi Infrastruktur telekomunikasi, jasa telekomunikasi, & digital Advertising telah mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk dapat membangun Sarana Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT) di wilayah DKI Jakarta Timur dan Selatan sepanjang 109 KM serta fokus bergerak dalam mengembangkan tranformasi digital bidang ICT, dan Periklanan, serta saat ini sedang mengembangkan bisnis di sektor Data Center.

Untuk informasi lebih lanjut, rekan-rekan media dapat menghubungi:
Santy Pradayini
Corporate Communication
PT Jakarta Infrastruktur Propertindo
Email: santhi.pradayini@jakarta-infrastruktur.com

BUTUH BANTUAN?

Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut tentang perusahaan atau layanan